SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Rabu, 14 Oktober 2020

SERUNYA WORSHOP PENGIMBASAN RUMAH BELAJAR MELALUI PEMBUATAN BLOG DAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERSAMA SAHABAT RUMAH BELAJAR

Dalam rangka memperkenalkan rumah belajar, agar penggunaannya semakin luas, Sahabat Rumah Belajar  NTB melakukan  rangkaian kegiatan sosialisasi pemanfaatan rumah belajar. Salah satunya melalui kegiatan worshop. Workshop ini bertujuan untuk  melatih guru dalam pembuatan blog dan multimedia interaktif dengan menggunakan  Articulate Storyline 3 yang terintegrasi dengan rumah belajar. Workshop ini diselenggarakan dengan kerjasama Sahabat Rumah Belajar Lombok Timur dan HIGUMA (Himpunan Guru Matematika) Lombok Timur.

Workshop dilakukan dengan dua mode yaitu mode ofline (tatap muka) dan mode online (tatap maya). Worshop ofline sendiri dilaksanakan pada tanggal  6 oktober 2020 bertempat di SMAN 2 Selong dengan jumlah peserta 30 orang, hadir dalam acara Kepala  LPMP Nusa Tenggara Barat Bapak M. Mustari, M.M, M.A, Ph.D, (via webex ), Bapak Dr. H. Mashun, M.Ap, M.Pd selaku Kepala Cabang Dinas Dikbud NTB Wilayah Lombok Timur, hadri pula Duta Rumah Belajar  NTB 2019 Bapak Hasto Tyas Suryono, S.Pd.

Hari selasa, tanggal 6 Oktober 2020 pembukaan acara diikuti oleh seluruh peserta baik peserta tatap muka maupun  tatap maya, untuk peserta  tatap maya pembukaan workshop dilakukan  via webex, sedangkan untuk peserta ofline hadir langsung di SMAN 2 Selong. Dalam kesempatan pertama Bapak Kepala LPMP Nusa Tenggara Barat menyampaikan  sambutnnya  melalui webex yang dapat disaksikan langsung oleh peserta yang mengikuti secara ofline maupun online. Dalam sambutannya  beliu sangat mendukung sekali kegiatan-kegiatan seperti ini dalam rangka mengembangkan potensi guru-guru di NTB pada khususnya.

Pada kesempatan kedua  Bapak KCD Dikbud NTB, memberikan  sambutannya. Dalam sambutannya  beliau  mengutarakan bahwa guru-guru harus mengikuti perkembangan zaman terutama dalam proses pembelajaran, guru tidak boleh lagi gagap terhadap teknologi. Selanjutnya  pesan disampaikan  dalam sambutannya oleh  Duta Rumah Belajar NTB 2019, kemudian dilanjutkan  dengan sambutan H. LL. Saprihadi, M.Pd sebagi ketua HIGUMA (Himpunan Guru Matematika) Lombok Timur.

Materi pertama workshop di sajikan oleh Musli Yuliadi, S.Pd yaitu tentang pembuatan multimedia Interaktif dengan menggunakan  Articulate Storyline 3. Materi ini disampaikan secara langsung secara step by step cara membuat media interaktif, mulai dari persiapan, disain dan mempublish media yang dihasilkan. Workshop pembuatan media interaktif ini memakan waktu yang cukup lama mulai dari pukul  10.00 WITA hingga Pukul  16.00 WITA  karena peserta dibimbing langsung step by step dan peserta mempraktikan langsung.

Semangat  pantang menyerah dari pada peserta meskipun berbagai macam kendala yang dihadapi seperti laptop yang tidak mendukung terinstalnya  Articulate Storyline 3, walaupun demikian peserta tetap antusias untuk mengikuti workshop hingga selesai. Tidak sedikit peserta yang menjadi penasaran  dengan  materi yang diberikan, hingga merekapun kembali mengikuti kegiatan workshop mede online pada hari berikutnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar