SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Rabu, 23 September 2020

Pembelajaran Milenial


Setiap era ada masanya !. mungkin adalah kata yang tepat untuk menggambarkan era sekarang ini. Kemajuan teknologi berpengaruh disegala bidang, termasuk dalam dunia pendidikan, teknologi dapat  mempengaruhi gaya belajar. Ketika era kita dulu, belajar kita dapatkan dari penjelasan guru dikelas, buku paket yang dibagikan, LKS dan mungkin paling keren jika ada bimbel. Namun di era milenial sekarang ini ada banyak cara untuk belajar apalagi dengan tersedianya  gadget dan jaringan internet, banyak flatform yang menyediakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan materi yang beragam dan tinggal klik. Adapula media pembelajaran dengan menggunakan  Augmented Reality dan Virtual Reality, pembelajaran maya  yang dapat membawa siswa kedalam sistuasi seperti aslinya/nyata.

Sebagai seorang guru dari generasi yang milenial tentunya kita harus menjadi guru yang milenial pula dengan pembelajaran yang milenial mengikuti perkembangan teknologi, guru harus berinovasi mencipatakan pembelajaran yang menyenangkan sesuai eranya.

Berikut adalah beberapa  inovasi pembelajaran milenial yang pernah saya lakukan sebagai sekorang guru, semoga  tulisa ini dapat menginspirasi guru-guru hebat semua.

1.    Virtual Reality (VR)

Virtual reality merupakan sebuah teknologi yang membuat pengguna atau user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, sehingga pengguna merasa berada di dalam lingkungan tersebut. Di dalam bahasa Indonesia virtual reality dikenal dengan istilah realitas maya.

Dalam praktik pembelajaran saya menggunakan  VR agar pembelajaran lebih menyenangkan dan tentunya menciptakan pengalaman baru bagi siswa. Pembelajaran dengan VR ini membutuhkan  sebuah kacamata khusus, Handpone dan tentunya aplikasi VR yang dapat  didowload di Playstore sesuai dengan materi yang kita inginkan. Khusus dalam pembelajaran yang saya lakukan aplikasi yang saya gunakan adalah safari Tour Adventure VR. Aplikasi ini adalah aplikasi VR yang menggambarkan sebuah kebun binatang, pengguna seolah –olah benar benar berada disebuah kebun binatang. Aplikasi saya manfaatkan untuk pembelajaran IPA materi Penggolongan Mahluk Hidup, siswa saya minta untuk mengamati kebun binatang maya lalu mencatat dan menggolongkan hewan yang ditemui berdasarkan jenis makanannya, karnivora, herbivora dan omivora.



Pembelajaran dengan VR


2.    Augmented Reality (AR)

AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur maupun dunia pendidikan. Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus.

Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek 3D beserta animasinya yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata dan disandingkan dengan informasi tentang objek 3D yang berupa suara.

Pengalaman saya ketika menggunakan  AR dalam pembelajaran, siswa sangat senang dan antusias dalam belajara, ini adalah pengelaman baru bagi mereka. Saya menggunakannya dalam mata pelajaran Tematik denga muatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Aplikasi AR yang saya install adalah Aurasma, dengan menggunakan aplikasi ini kita dapat menguplod file berupa gambar/atau diambil langsung dari camera handphone. File gambar ini akan menjadi marker yang kemudian dihubungkan ke file animasi, video, 3D yang akan muncul ketika marker di scane dengan kamera handphone.



Pembelajaran dengan AR


3.    Aplikasi Mobile Lerning

Merujuk dari definisi tersebut maka, m-learning adalah model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut m-learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Mobile learning dapat didefinisikan sebagai suatu fasilitas atau layanan yang memberikan informasi elektronik secara umum kepada pembelajar dan content yang edukasional yang membantu pencapaian pengetahuan tanpa mempermasalahkan lokasi dan waktu. Sistem m-learning ini memanfaatkan mobilitas dari perangkat handheld/mobile, seperti handphone dan PDA, untuk memberikan suatu fungsi pembelajaran yang dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun.

Untuk pembelajaran dengan menggunakan aplikasi mobile learning ini, saya menggunakan aplikasi buatan sendiri yang saya program untuk dapat  diinstal di gadget  milik siswa, dengan demikian siswa dapat belajar secara mendiri disekolah maupun dirumah. Untuk aplikasi mobile sendiri dapat sahabat download dihalaman lain diblog ini atau dengan mengikuti link berikut ini : Download Aplikasi Mobile

 




4.    Video Pembelajaran

Video pembelajaran adalah suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku dan dalam pengembangannya mengaplikasikan prinsip-prinsip pembelajaran sehingga program tersebut memungkinkan peserta didik mencemarti materi pelajaran secara lebih mudah dan menarik.

Untuk video pembelajaran sendiri telah banyak dan dapat didapatkan dengan mudah melalui situs youtube, namun suatu kebanggan bagi seorang guru untuk dapat membuat video sendiri dan ditonton oleh siswa. Saya pribadi menggunakan video buatan sendiri, yang di custom menurut kemauan berdasarkan materi yang ingi disampaikan. Untuk video pembelajaran karya saya pribadi dapat dilihat pada link berikut :  Download Video Pembelajaran atau langung ke chanel youtbe My Youtube

5.    Rumah Belajar

Berdasarkan halaman utama rumah belajar belajar.kemdikbud.go.id : Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Rumah belajar memiliki  fitur – fitur yang sangat lengkap yang terdiri dari fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utama rumah belajar adalah Kelas maya, Sumber belajar, Bank Soal dan Laboratorium Maya. Sedangkan untuk fitur pendukung yaitu Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Perkembangan Profesi Berkelanjutan dan Edugame.

Portal rumah belajar ini kren banget lho sahabat, cocok untuk pembelajaran era milenial apalagi di jaman panedmi Covid-19 sekarang ini.


2 komentar: