SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Rabu, 23 September 2020

INOVASIKU SIULATBIBUL

Semangat pagi sobat pencinta ilmu! 
Ada banyak cara guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, tidak hanya menyenangkan tetapi juga mengesankan, efektif dan tentunya harus mampu membuat siswa memahami materi pembelajaran dengan baik. Setiap guru pasti pernah mengalami kendala dan tantangan dalam menyampaikan materi pembelajaran, terutama pembelajaran matematika yang dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, ditambah lagi dengan rasa bosan siswa jika metode yang digunakan itu itu saja. Tapi bukan guru namanya kalo tidak mempunyai inovasi dalam menyelesaikan masalah yang ada. Nah sahabat kali ini saya akan membagikan bagaimana inovasi saya dalam kegiatan pembelajaran matematika. Kebetulan saya mengajar matematiak di kelas 6, dikelas saya memiliki siswa yang beragama baik dari segi kemampuan akademis, gaya belajar, hobi dan lain sebaginya. Siswa siswa saya sama seperti siswa lainya yang mudah bosan, terutama dalam pembelajaran matematika yang butuh keterampilan ektra dalam menyampaikannya. Inovasi saya ini, saya beri nama “SI ULAT BILBUL” yang merupakan singkatan dari Ular Tangga Bilangan Bulat, si ulat bilbul adalah media pembelajaran dalam bentuk permianan ular tangga yang saya modifikasi sesuai dengan materi pembelajaran yaitu penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Saya terinsfirasi untuk membuatnya ketika saya sedang browsing di google, saya melihat ada permainan serupa yaitu permainan ular tangga tentunya dengan mata pelajaran yang berbeda. Dari sini saya berpikir untuk membuat permainan yang sama dengan materi bilangan bulat tentunya dengan desain dan peraturan permainan yang saya ciptakan sendiri. Berikut penampakan dari si ular tangga bilangan bulat :


sangat senderhana semua guru bisa mencobanya. Dalam peraktik penggunaannya dalam pembelajaran saya mencetaknya dalam bentuk banner dengan ukuran 2 x 2 meter sehingga area pemaianan cukup luas. Media ular tangga bilangan bulat merupakan permainan yang sangat menarik dimana para pemainya dituntut untuk bermain dengan sangat hati-hati. Permainan ini memiliki banyak tantangan hingga bisa menyelesaikannnya. Permainan ini disain untuk belajar tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, pemain dituntut untuk dapat menjalankan bidak sesuai dengan mata dadu yang jatuh dengan terlebih dahulu melakukan penjumlahan atau pengurangan sesuai dengan aturan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Sebagaimana permainan ular tangga pada umumnya, permainan ular tangga bilangan bulat ini memiliki tantangan berupa ular dan tangga, bila pemain bertemu kotak yang bergambar ular maka pemain akan harus turun ke kotak berikutnya yang terhubung dengan kepala ular, apabila pemain bertemu dengan kotak yang bergambar tangga, pemain dapat loncat ke kotak berikutnya yang terhubung dengan tangga. Tidak hanya tantangan berupa ular dan tangga, pemain juga dihadapkan dengan tantangan berupa penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sehingga bisa jadi pemain akan sulit untuk bergerak karena hasil penjumlahan bisa jadi menyebabkan pemain harus maju atau mundur. Ular tangga bilangan bulat ini terdiri dari 1 buah bidang permainan yang memiliki 65 buah kotak bilangan positif dan 65 kotak bilangan negative, 4 buah dadu dengan warna yang berbeda yaitu merah, hijau, kuning dan biru, serta 4 buah bidak pemain yang jumlahnya dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan. Permainan ular tangga bilangan bulat ini merupakan kerja team yang masing-masing team terdiri dari 2 orang pemain yang bekerja sama untuk menyelesaikan permainan satu orang pemain akan berperan sebagai pencatat angka yang diperoleh dari dadu lalu melakukan operasi penjumlahan atau pengurangan dari hasil operasi tersebutlah bidak dijalankan, sedangkan pemain satunya berperan sebagai eksekutor atau menjalankan bidak sesuai dengan hasil operasi penjumlahan atau pengurangan, peserta dapat berganti peran. Adapun aturan dalam permainan ular tangga bilangan bulat ini adalah sebagai berikut : 
  1. Pada lemparan pertama  setiap tema  harus menggunakan  dadu warna biru
  2. Pada lemparan pertama jika bidak tepat berada dikoatak warna kuning maka pada lemparan berikutnya  team harus menggunakan  dadu warna kuning, demikian juga  jika bidak berada diwarna hijau maka pada lemparan berikutnya  harus menggunakan  dadu warna hijau
  3. apabila  bidak bertemu dengan kotak yang bergambar  tangga maka bidak dapat melompat  ke kotak pada ujung tangga. apabila  bidak bertemu dengan kotak yang bergambar  ular maka  bidak harus turun kekotak berikutnya yang berada di ujung  ular.
  4. Peserta  yang menjadi  pemenang apabila  sampai ke kotak finis atau kotak 65


Tidak ada komentar:

Posting Komentar