SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Jumat, 16 Oktober 2020

PENGIMBASAN RUMAH BELAJAR MODE ONLINE

 Rabu, 7 Oktober 2020  Pengimbasan rumah belajar melalui pembuatan blog dan multimedia pembelajaran interaktif dilanjutkan via online yaitu melalui room webex. Jumlah peserta yang mendaftar  pada link yang kami bagikan cukup banyak yaitu sekitar 382 orang peserta (Daftar Peserta). Peserta tidak hanya berasal dari Nusa Tenggara Barat, bahkan ada yang berasal dari  provinsi lain. 

Pagi itu sekitar pukul 08.00 kami sebagai panitia sudah bersiap-siap untuk melakukan tatap muka daring bersama peserta. Materi pertama di sampaikan oleh Khairun Narrasyidi, S.Pd, pada kesempatan pertama ini beliau membawakan materi tentang Articulate Storyline 3 bagaiman membuat opening pada  media pembelajaran, dilanjutkan dengan pemateri musli yuliadi, S.Pd dengan host  Pranti Dwi Astuti, S.Pd. pada kesempatan ini materi yang disampaikan adalah membuat halaman home, materi, latihan soal, petunjuk dan profil pada  multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan  Articulate Storyline 3.

seperti halnya mode ofline (tatap muka), workshop mode online (tatap maya) peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti instruksi step by step pembuatan  multimedia pembelajaran  interaktif  dari pemateri. Kegiatan berlangsung cukup lama yaitu dari pukul 09.00 WITA hingga hampir pukul 17.00 WITA karena sistem pelatihan pembuatan multimedia pembelajaran interaktif ini praktik langsung, peserta praktik langsung membuat multimedia pembelejaran interaktif dari tempat masing-masing dengan pandu oleh pemateri, ketika  ada peserta  yang tertinggal maka  pemateripun akan mengulang agar peserta  dapat mengikuti dengan baik.

Pendampingan dilakukan untuk para peserta  dalam menyelesaikan  tugas pelatihan membuat  multimedia pembelajaran interaktif via Whatsapp Grup selama 7 hari. Panitia melayani setiap pertanyaan dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta, Tidak sedikit guru-guru yang meminta berkonsultasi bertemu tatap muka. 
Tugas yang diberikan harus selesai hingga hari selasa tanggal 13 Oktober 2020, bapak ibu guru peserta harus mengumpulkan tugas paling lambat pukul  24.00 WITA. Dari 300 orang peserta yang terdaftar hanya 136 orang yang berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan yaitu membuat multimedia pembelajaran interaktif. 
Kendala yang dihadapi oleh peserta yaitu Articulate Storyline 3 tidak dapat diinstal terutama pada laptop dengan operating system  Windows 7 khususnya Windows 7 32bit. Ada juga peserta yang tidak memperhatikan informasi awal bahwa untuk kegiatan pelatihan memerlukan persyaratan Articulate Storyline 3 telah teristal di laptop sehingga saat acara workshop mereka ketinggalan jauh dengan peserta lain untuk mengatasi permasalahan tersebut kami membuat modul tutorial singkat pembuatan multimedia Interaktif dengan Articulate Storyline 3 yang dapat diunduh pada link berikut : Download Modul
Berikut beberapa contoh hasil pelatihan pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Articulate Storyline 3 :



 Karya : Shohibul Ahsan, S.Pd Karya : Ayu Sukmawati, S.Pd
 Asal Sekolah : SMP Negeri 1 Wanasaba Lombok  Timur Asal Sekolah : SMAN 2 Selong
Lihat Karya : Kunjungi Lihat Karya : Kunjungi

"Indahnya berbagi, semoga kami terus dapat berbagi inovasi bersama sahabat rumah belajar untuk kemajuan pendidikan nasional."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar