SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Rabu, 22 Mei 2019

Membuat Button Interaktif

Didalam pembuatan media interaktif, sangat diperlukan adanya  button yang memungkin adanya interaksi antara aplikasi dengan user atau pemakai. Nah kali ini saya akan berbagi tutorial bagaiamana membuat objek button atau tombol dengan Action Script 3.0 pada Adobe Flash CS6.
Oke langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Buka Adobe Flash CS6. Klik File >> New >> Piliha Action Script 3.0
  2. Pada panel Properties aturlah ukurang stage menjadi 600 x 360 pixel dengan warna baground putih.
  3. Dengan menggunakan Rectangle Tools buatlah objek kotak dengan sudut lengkung 10, untuk mengatur kelengkungannya pada menu rectangel options seperti pada gambar berikut :
  4. Gunakan Text Tools untuk membuat teks diatas objek kotak, pastikan type teks adalah Static Text
  5. Supaya terlihat lebih indah, kita akan memberikan variasi sedikit. select kotak yang kita buat pertama kali lalu tekan CTRL + C pada keyboard untuk mengkopi objek, pilih Edit >> Paste In Place. Klik Free Transform Teools, rubahlah ukuran kotak kedua dengan menggeser keatas ( usahakan ukurannya setengah dari kotak pertama, klik Modify >>Compert ToSymbol >> pilih type Movie Clipt.
  6. Sekarang kita akan melakukan sedikit motivikasi terhadap kotak 2, Doubel Klik pada kotak 2, maka akan masuk kedalam movi Clipt kotak 2, hilangkan garis pada kotak 2, potong kotak 2 sampi setengahnya. potongan bagian bawah di delet saja.
  7. Rubah warna kotak mengguanakan warna gradasi dengan cara sebagai berikut : pastikan objek terseleksi, pada panel properties double klik FILL COLOR (gambar ember), pilih gradasi warna yang kita inginskan
     
  8. Atur warna gradasi dengan klik Windows >> Color. akan tampak kotak seperti berikut ini 
  9. Doubel klik pada tanda panah,maka akan keluar kotak sebagai berikut 
  10. Pilih warna biru ( tergantung selera :) )
  11. Buatlah warna gradasdi, dengan menggunakan Paint Bucket Tools, klik, tahan dan geser dari atas kebawah atau sebaliknya.
  12. Kembali ke stage utama, klik kanan pada teks >> Arange >> Bring to Front.
  13. Demikian cara membuat Button. selain dengan membuat sendiri, Adobe Flash menyediakan tombol-tombol yang dapat anda ambil melalui Windows >> Common Libraries >> Button. atau dapat didownload melalui link  Download Icon Pack  file contoh dapat didownload pada link berikut File Contoh
Demikian totorial cara membuat  Button di Adobe Flash CS6.Semoga artikel ini membantu bagi teman-teman yang sedang mencari refrensi untuk membangun media interaktif dengan menggunakan software Adobe Flash.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar