SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Selasa, 03 Maret 2020

APP INVENTOR

Apa itu Appinventor ?
Menurut Wikipedia , App Inventor adalah aplikasi web sumber terbuka yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).
App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasiAndroid. App Inventor menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch dan StarLogo TNG, yang memungkinkan pengguna untuk men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Dalam menciptakan App Inventor, Google telah melakukan riset yang berhubungan dengan komputasi edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online Google.
App Inventor mendukung untuk  Mac OS X, GNU/Linux, and Windows operating systems dan beberapa android. Appinventor ini terdiri dari :
  1. App Inventor Designer yaitu lingkungan kerja dimana anda bisa mendisain aplikasi anda dengan banya drag and drop komponen-komponen yang anda butuhkan.
  2. App Inventor Blocks Editor yaitu lingkungan kerja dimana anda memberikan script pada komponen agar dapat bekerja dengan hanya menyusun seperti block puzzel. 
App Inventor dapat dijalankan secara online maupun secara offline. Anda dapat menggunakan akun google untuk masuk melalui link berikut ini  Masuk ke App Inventor.  berikut ini tampilan dari App Inventor Online :
 
 Selain dapat digunakan secara online, App Inventor juga dapat digunakan secara ofline cukup dengan menjalankannya di komputer anda, tentunya dengan mendownload terlebih dahulu App Inventor Ofline.  AppInventor Offline dapat didownlod melalui link beriku ini Download App Inventor Offline .
Cara menggunakan  App Inventor Offline :
  • Extrak terlebih dahulu file hasil download dengan menggunakan winrar
  • Jalankan file AI2U dengan mengklik dua kali file tersebut
  • Maka aka muncul tampilan seperti berikut ini 
  • Untuk memulai menggunakan App Inventor Offiline ini 
  • Sampai pada langkah ke 3 akan muncul 3 buah tampilan CMD seperti gambar berikut :
  • Selanjutnya Start Invent (langkah ke 4). Browser anda secara otomatis akan masuk ke localhost:8888/login  yaitu halaman login untuk masuk App Inventor Offilen 
  • Pilih 'Click Here to use your Google Account to login ' lalu masuk dengan akun google anda 
  • Dan mulailah membuat aplikasi anda dengan 'Start New Project'




Tidak ada komentar:

Posting Komentar