SELAMAT DATANG DI BLOG SIGURUINOVATIF BLOG AS LEARNING MEDIA, TEMPAT BELAJAR MATEMATIKA, COMPUTER DAN SAINS

Senin, 05 Februari 2018

Variable dan Konstanta Action Script 3

Pemrograman terutama melibatkan perubahan potongan informasi dalam memori komputer. Akibatnya, penting untuk memiliki cara untuk mewakili satu bagian informasi dalam sebuah program. Variabel adalah nama yang mewakili nilai dalam memori komputer. Saat Anda menulis pernyataan untuk memanipulasi nilai, tuliskan nama variabel di tempat nilai. Setiap kali komputer melihat nama variabel dalam program Anda, tampilannya ada dalam memori dan menggunakan nilai yang ditemukannya di sana. Misalnya, jika Anda memiliki dua variabel bernama value1 dan value2, masing-masing berisi angka, untuk menambahkan kedua angka tersebut Anda bisa menulis pernyataan:
value1 + value2
Saat benar-benar menjalankan langkah-langkahnya, komputer terlihat melihat nilai di setiap variabel dan menambahkannya bersama-sama.
Dalam ActionScript 3.0, sebuah variabel sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang berbeda:

  •  Nama variabelnya
  • Jenis data yang bisa disimpan dalam variabel
  •  Nilai sebenarnya tersimpan dalam memori komputer
Anda telah melihat bagaimana komputer menggunakan nama itu sebagai pengganti nilai. Jenis data juga penting. Saat membuat variabel di ActionScript, Anda menentukan jenis data spesifik yang dimaksudkan untuk dipegang. Sejak saat itu, instruksi program Anda hanya dapat menyimpan jenis data dalam variabel tersebut. Anda dapat memanipulasi nilai menggunakan karakteristik tertentu yang terkait dengan tipe datanya. Dalam ActionScript, untuk membuat variabel (dikenal dengan mendeklarasikan variabel), Anda menggunakan pernyataan var:
var value1:Number;
Contoh ini memberitahu komputer untuk membuat sebuah variabel bernama value1, yang hanya dapat menampung data Number. ("Nomor" adalah jenis data spesifik yang didefinisikan dalam ActionScript.) Anda juga dapat menyimpan nilai pada variabel saat ini juga:
var value2:Number = 17;

Di Flash Professional, ada cara lain untuk mendeklarasikan sebuah variabel. Bila Anda menempatkan simbol klip video, simbol tombol, atau bidang teks di Panggung, Anda bisa memberikannya sebuah instance instance di Property inspector. Di balik layar, Flash Professional menciptakan sebuah variabel dengan nama yang sama dengan nama instance. Anda dapat menggunakan nama itu dalam kode ActionScript untuk mewakili item Stage tersebut. Misalkan, misalnya, Anda memiliki simbol klip video di Stage dan Anda memberinya nama instance roketShip. Kapan pun Anda menggunakan variabel roket dalam kode ActionScript Anda, Anda sebenarnya memanipulasi klip video tersebut.
Konstanta sama dengan variabel. Ini adalah nama yang mewakili nilai dalam memori komputer dengan tipe data yang ditentukan. Perbedaannya adalah bahwa sebuah konstanta hanya dapat diberi nilai satu kali dalam sebuah aplikasi ActionScript. Setelah nilai konstanta ditetapkan, nilainya sama di seluruh aplikasi. Sintaks untuk mendeklarasikan konstanta hampir sama dengan bahwa untuk mendeklarasikan sebuah variabel. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Anda menggunakan kata kunci const bukan kata kunci var:
const SALES_TAX_RATE:Number = 0.07;

Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang digunakan di banyak tempat sepanjang sebuah proyek, yang tidak berubah dalam keadaan normal. Menggunakan nilai konstan daripada nilai literal membuat kode Anda lebih mudah dibaca. Misalnya, pertimbangkan dua versi kode yang sama. Satu mengalikan harga dengan SALES_TAX_RATE. Yang lainnya mengalikan harga sebesar 0,07. Versi yang menggunakan SALES_TAX_RATE konstan lebih mudah dipahami. Sebagai tambahan, anggaplah nilai yang didefinisikan oleh konstanta itu berubah. Jika Anda menggunakan konstanta untuk mewakili nilai tersebut selama proyek Anda, Anda dapat mengubah nilainya di satu tempat (deklarasi konstan). 
file sumber : help.adobe.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar