Pemrograman terutama melibatkan
perubahan potongan informasi dalam memori komputer. Akibatnya, penting untuk
memiliki cara untuk mewakili satu bagian informasi dalam sebuah program.
Variabel adalah nama yang mewakili nilai dalam memori komputer. Saat Anda
menulis pernyataan untuk memanipulasi nilai, tuliskan nama variabel di tempat
nilai. Setiap kali komputer melihat nama variabel dalam program Anda,
tampilannya ada dalam memori dan menggunakan nilai yang ditemukannya di sana.
Misalnya, jika Anda memiliki dua variabel bernama value1 dan value2,
masing-masing berisi angka, untuk menambahkan kedua angka tersebut Anda bisa
menulis pernyataan:
value1 + value2
Saat benar-benar
menjalankan langkah-langkahnya, komputer terlihat melihat nilai di setiap
variabel dan menambahkannya bersama-sama.
Dalam ActionScript 3.0,
sebuah variabel sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang berbeda:
Anda
telah melihat bagaimana komputer menggunakan nama itu sebagai pengganti nilai.
Jenis data juga penting. Saat membuat variabel di ActionScript, Anda menentukan
jenis data spesifik yang dimaksudkan untuk dipegang. Sejak saat itu, instruksi
program Anda hanya dapat menyimpan jenis data dalam variabel tersebut. Anda
dapat memanipulasi nilai menggunakan karakteristik tertentu yang terkait dengan
tipe datanya. Dalam ActionScript, untuk membuat variabel (dikenal dengan
mendeklarasikan variabel), Anda menggunakan pernyataan var:
var value1:Number;
Contoh ini memberitahu komputer untuk
membuat sebuah variabel bernama value1, yang hanya dapat menampung data Number.
("Nomor" adalah jenis data spesifik yang didefinisikan dalam
ActionScript.) Anda juga dapat menyimpan nilai pada variabel saat ini juga:
var value2:Number = 17;
Di
Flash Professional, ada cara lain untuk mendeklarasikan sebuah variabel. Bila
Anda menempatkan simbol klip video, simbol tombol, atau bidang teks di Panggung,
Anda bisa memberikannya sebuah instance instance di Property inspector. Di
balik layar, Flash Professional menciptakan sebuah variabel dengan nama yang
sama dengan nama instance. Anda dapat menggunakan nama itu dalam kode
ActionScript untuk mewakili item Stage tersebut. Misalkan, misalnya, Anda
memiliki simbol klip video di Stage dan Anda memberinya nama instance
roketShip. Kapan pun Anda menggunakan variabel roket dalam kode ActionScript
Anda, Anda sebenarnya memanipulasi klip video tersebut.
Konstanta
sama dengan variabel. Ini adalah nama yang mewakili nilai dalam memori komputer
dengan tipe data yang ditentukan. Perbedaannya adalah bahwa sebuah konstanta
hanya dapat diberi nilai satu kali dalam sebuah aplikasi ActionScript. Setelah
nilai konstanta ditetapkan, nilainya sama di seluruh aplikasi. Sintaks untuk
mendeklarasikan konstanta hampir sama dengan bahwa untuk mendeklarasikan sebuah
variabel. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa Anda menggunakan kata kunci const
bukan kata kunci var:
const SALES_TAX_RATE:Number = 0.07;
Konstanta berguna untuk menentukan
nilai yang digunakan di banyak tempat sepanjang sebuah proyek, yang tidak
berubah dalam keadaan normal. Menggunakan nilai konstan daripada nilai literal
membuat kode Anda lebih mudah dibaca. Misalnya, pertimbangkan dua versi kode
yang sama. Satu mengalikan harga dengan SALES_TAX_RATE. Yang lainnya mengalikan
harga sebesar 0,07. Versi yang menggunakan SALES_TAX_RATE konstan lebih mudah
dipahami. Sebagai tambahan, anggaplah nilai yang didefinisikan oleh konstanta
itu berubah. Jika Anda menggunakan konstanta untuk mewakili nilai tersebut
selama proyek Anda, Anda dapat mengubah nilainya di satu tempat (deklarasi
konstan).
file sumber : help.adobe.com
file sumber : help.adobe.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar